Monday 2 May 2016

Bahaya obesitas bagi kesehatan tubuh

Bahaya obesitas bagi kesehatan. kegemukan atau bisa disebut juga obesitas adalah seseorang yang kelebihan berat badan atau lemak yang berakibat sangat buruk untuk kesehatan.

 Terjadinya obesitas diakibatkan oleh jarangnya orang melakukan aktivitas fisik dan kurang diatur pola makan sehat, seperti telalu banyak memakan-makanan berlemak, sering mengkonsumsi minuman yang manis-manis dan yang paling signifikan adalah terlalu seringnya masyarakat mengkonsumsi makanan cepat saji.

Selain itu obesitas atau kelebihan berat badan beresiko timbulnya penyakit yang sangat berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian seperti :

Jantung

penderita obesitas memiliki kolesterol yang sangat tinggi yang dapat mengarahkan terjadinya penyumbatan pada arteri dan beresiko terserang hipertensi atau tekanan darah tinggi

Stroke

terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah yang berada di otak, ini sering terjadi pada orang yang terjangkit penyakit diabetes tipe 2 dan sangat berpeluang terserang stroke.

Kanker usus besar

orang obesitas beresiko tinggi terserang kanker usus besar karena timbunan lemak yang berada di abdominal akan meningkatkan resiko timbulnya kanker daripada timbunan lemak di bagian lain.

Penyakit liver/hati


penyakit ini di timbulkan karena menumpuknya lemat di hati yang mengarah ke sirosis. hal ini akan mengurangi fungsi hati dalam memproduksi protein, melawan infeksi dan sebagai pembersih darah.

Diabetes mellitus

kelebuhan lemak pada tubuh sering menjadi resistan terhadap insulin yang mana menolong tubuh dalam menyalurkan glukosa. Diabetes terjadi karena meningkatnya kadar gula darah terlalu tinggi. pemyakit ini berdampak pada kebutaan, gagal ginjal dan kerusakan saraf.

Peradangan  sendi

Obesitas dapat menimbulkan tekanan besar besar pada sendi tulang belakang pinggul dan lutut. hal ini akan berakibat hilangnya tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan antara tulang dan persendian. dan masih banyak lagi dampak yang akan terjadi bila berat badan kita berlebihan.

 
Untuk itu mulailah mejalani pola hidup sehat, karena sehat itu mahal dan bagi anda yang gemuk segera turunkan berat badan jadi ideal sebelum lemak yang berada di tubuh anda menumpuk hehehe......

Sekian info dari saya maaf bila ada kata-kata yang salah dalam penulisan masih dalam tahap belajar. semoga artikelnya bermanfaat.

No comments:

Post a Comment